Belajar Itu Mudah Lhoooo

Distribusi Frekuensi

 Distribusi frekuensi adalah yang merupakan penyusunan data ke dalam kelas-kelas tertentu dimana setiap individu/item hanya termasuk kedalam salah satu kelas tertentu saja. (Pengelompokkan data berdasarkan kemiripan ciri).

Tujuannya :  untuk mengatur data mentah (belum dikelompokkan) ke dalambentuk yang rapi tanpa mengurangiinti informasi yang ada.

Istilah dalam Distibusi Frekuensi

1. Class (Kelas) yaitu penggolongan data yang dibatasi dengan nilai terendah dan nilai tertinggi yang masing-masing dinamakan batas kelas.

2. Batas Kelas (Class Limit) adalah nilai batas dari pada tiap kelas dalam sebuah distribusi, terbagi menjadi States class limit dan Class Bounderies (Tepi kelas).
a. Stated Class Limit adalah batas-batas kelas yang tertulis dalam distribusi frekuensi, terdiri dari Lower Class Limit (Batas bawah kelas) dan UpperClass Limit (Batas atas kelas).

b. Class Bounderies (Tepi kelas) adalah batas kelas yang sebenarnya, terdiri dari Lower class boundary (batas bawah kelas yang sebenarnya) dan upper class boundary (batas atas kelas yang sebenarnya).

3. Tepi kelas disebut juga batas nyata kelas, yaitu batas kelas yang memiliki lubang untuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan yang lain. Terdapat dua tepi kelas, yaitu tepi bawah kelas dan tepi atas kelas.

4. Titik tengah kelas atau tanda kelas angka atau nilai data yang tepat terletak di tengah suatu kelas. Titik tengah merupakan nilai yang mewakili kelasnya dalam data.

5. Interval kelas adalah selang yang memisahkan kelas yang satu dengan yang lain

6. Panjang interval atau luas kelas adalah jarak antara tepi atas kelas dan tepi bawah kelas

7. Frekuensi kelas adalah banyaknya data yang masuk kedalam kelas tertentu dari data acak

Jenis Distibusi Frekuensi

1. Distribusi Frekuensi Kumulatif

adalah suatu daftar yang memuat frekuensi-frekuensi kumulatif, jika ingin mengetahui banyaknya observasi yang ada diatas atau dibawah suatu nilai tertentu.

2. Distribusi Frekuensi Relatif

Perbandingan dari pada frekuensi masing-masing kelas dan jumlah frekuensi seluruhnya dan dinyatakan dalam persen.

3. Distribusi Frekuensi Kumulatif Relatif

Adalah suatu total frekuensi dengan menggunakan presentasi.




Semoga Bermanfaat
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Salam Kenal

Jangan lupa makan, karena berjuang juga butuh tenaga yang banyak....

Kunjungan

Kursor

Hell Yeah Pointer 6